Minggu, 09 September 2012

INSTRUMENT



ALAT-ALAT INSTRUMEN DI LABORATORIUM







DESIKATOR
Desikator/eksikator  terdiri dari panci bersusun dua yang bagian bawahnya diisi bahan pengering. dengan penutup yang sulit dilepas dalam keadaan dingin karena dilapisi vaseline. Ada 2 macam desikator : desikator biasa dan vakum. Desikator  vacum Desikator vakum pada bagian tutupnya ada katup yang bisa dibuka tutup, yang dihubungkan dengan selang ke pompa. Sedangkan desikator biasa tidak memmpunyai katup. Bahan pengering yang digunakan adalah silika gell.
Fungsi :
- Tempat menyimpan sampel yang harus bebas air
-
 Mengeringkan padatan


LEMARI ASAM
Sebagai tempat melakukan reaksi kimia yang menghasilkan gas/uap/kabut, dan tempat untuk penggunaan bahan kimia yang mudah menguap (asam, oksidator kuat). http://syamsmeuble.wordpress.com/

CENTRIFUGE
Adalah alat yang digunakan untuk memisahkan cairan dari ampasnya (cara kerjanya mirip saringan atau sedimentasi, pengendapan). Mesin ini digunakan untuk isolasi DNA/RNA, protein atau zat-zat cair lainnya dari bakteri, ragi, hewan atau tanaman. Di laboratorium centrifuge ini dilengkapi dengan alat pengatur suhu dan kecepatan.
Vortex maxi mix plus
Vortex maxi mix plus adalah pusaran mixer berkecepatan tetap. Digunakan untuk pangadukan/ pencampuran tabung seragam adan flaks kecil. Alat ini dapat dioperasikan secara kontinu atau diatur dengan menyentuh modenya.



Multimeter
Untuk mengukur kuat arus listrik atau hambatan. Misalnya untuk mengukur kuat arus yang dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel galvani.
BI Branstead electrothermal- heating mantel
Pemanasan mantel digunakan untuk menerapkan panas ke wadah. Berbeda dengan perangkat pemanas lainnya seperti hotplats atau pembakar bunsen, gelas wadah mungkin ditempatkan dalam kontak langsung dengan mantel pemanas tanpa secara substansial meningkatkan resiko gekas pecah. Karena elemen pemanas terisolasi dari wadah sehingga mencegah gardien suhu  yang tinggi.

Isopad – heating mantel
Sama seperti BI Branstead electrothermal- heating mantel isopad ini juga merupakan mantel pemanas. Dengan prinsip yang sama yaitu menerapkan panas pada wadah, Cuma berbeda merk.

GFL Destilator 2004
Adalah penyuling air otomatis dengan storage tank.
MEMMERT OVEN 53L EXCELENT
Merupakan salah satu seri laboratorium oven dari Memmer sebagai penyedia alat laboratorium di Indonesia. Oven universal yang berlaku adalah alat klasik kami untuk kontrol suhu dalam tes ilmu pengetahuan, penelitian dan material dalam industri. Karya teknologi disempurnakan terbuat dari berkualitas tinggi, higienis, mudah-ke-bersih stainless steel meninggalkan apa-apa yang diinginkan dalam hal teknologi ventilasi dan kontrol, lebih dari perlindungan suhu dan teknologi pemanasan disesuaikan dengan teliti.


IMG01740-20120903-1432.jpg
Thermolyne Cimanec Stirrer
Cimanec stirrer ini Merupakan pengaduk yang ideal untuk aplikasi dimana presisi adalah yang terpenting. Mesin pengadukan bekerja konstan meskipun terjadi perubahan viskositas dan menghasilkan putaran kuat. Selain itu pengaduk ini memiliki kontrol baik dari kecepatan lambat dan rem pengaduk dapat memberhentikan pengaduk bar dari kecepatan apapun. Atas keramik berwarna putih dan halus, yang dirancang untuk menyalurkan tumpahan agar menjauh dari elektronik dan meningkatkan visibilitas perubahan colormetic dalam botol. Cincin yang berdiri terintegrasi dan kabel lepas. Tampilan digital menunjukkan pengaturan suhu yang mudah dibaca, diatur dalam 5increments, dari 5 sampai dengan 540C (41 sampai 1004F). Tiga ukuran menawarkan fleksibilitas dari kimia mikro untuk kapal yang lebih besar. Rugged low-profile cor body aluminium memberikan stabilitas dan daya tahan.

GFL 2102 Destilator
Alat ini dengan destilasi ganda dan menghasilkan kemurnian yang tinggi, menghilangkan gas bakteri dan destilat pirogen gratis dengan konduktivitas sangat rendah. Ini sesuuai dengan peraturan DAB dan dengan persyaratan internasional pharmacopeia.
Solar cell
Adalah alat yang mampu mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik.



corong pisah
adalah peralatan laboratorium yang digunakan dalam ekstraksi cair-cair untuk memisahkan komponen-komponen dalam suatu campuran antaa dua fase pelarut dengan densitas berbeda yang tak campur.
Thermo haake P14 inkubator
Pemandian kaku yang terbuat dari oksidapolyphenylenedimodifikasi(PPO) dantahan panassampai dengan100C. DikombinasikandenganC10unit kontrolsuhudanDC10, mereka mandi circulators terbukayang mudah digunakan, dengan airsebagai cairanperpindahan panas. Pemandian tersebutmemiliki gripterintegrasidan pelatjembatan untukmemperbaikicirculatoruntukmandi.
                                                                            

Stattif buret
Buret digunakan untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen yang memerlukan presisi, seperti pada eksperimen titrasi. Buret sangatlah akurat , buret kelas A memiliki akuransi sampai dengan 0,05 cm . Oleh karena presisi buret yang tinggi, kehati-hatian pengukuran volume dengan buret sangatlah oenting untuk menghindari galat sistemtik. Ketika membaca buret, mata harus tegak lurus dengan permukaan cairan untuk menghindari galat pralaks. Dan Statis digunakan untuk menahan buret (meletakan buret) pada waktu titrasi.
Neraca analytic
Neraca analitik digital merupakan alat yang digunakan untuk menimbang bahan yang akan digunakan. Neraca digital berfungsi untuk membantu mengukkur berat serta cara kalkulasi fecare otomatis. Dibanding dengan neraca analog, Neraca digital lebih akurat, presisi, akuntable (bisa menyimpan hasil dari setiap timbangan).
Adventure hotplate
Pemanas atau hotplate dihubungkan dengan arus listrik, dan suhunya dapat diatur. Zat-zat kimia yang akan dipanaskan cukup di letakan didalam peralatan gelas lalu diletakan dibagian atas hotplate ini.

pH meter mettler teledo delita 320
pH meter adalah alat digital yang digunakan untuk mengukur pH suatu zat
Digunakan untuk mengukur tingkat keasaman dari suatu zat. Biasanya sebelum digunakan dikalibarasi terlebih dahulu menggunakan larutan buffer. Larutan buffer biasanya telah disertakan dalam kemasannya, dapat pula dibeli di toko-toko kimia.
Heidolph instrumen – laborota 4000 rotary evaporator
Rotatory evaporator ini digunakan untuk penghapusan efisien dan lembutpelarut dari sampel oleh penguapan. Digunakan pula untuk proses persiapan penyullingan dan ekstrak.Selain itu cocok untuk destilasi standar, kristalisasi, konsentrasi produk, pengeringan bubuk dan pemisahan dari satu atau lebih pelarut. Selain tu dapat juga menyaring zat volatil dan melakukan destilasi refluks.
Branstead- electothermal extaction heater
Instrumen ini mempunyai enam relung yang memiliki kontroler built-in elektronik. Dan menawarkan 2 pilihan pemanas saja atau pemanas/ pengaduk kombinasi.
penanggas untukekstraksi
HANNA instrumen- Portable Logging Turbidity Meter
HANNA instrumen digunakan untuk mengukur kekeruhan air dalam berbagai aplikasi, bisa dari air minum ke pengolahan air limbahdengan mengunakan nilai 10* FTU sebagai titik kalibrasi. HANNA instrumen menggunakan standar utama AMCO-AEPA-1 untuk menghindari semua formazine masalah yang terkait ( formazine adalah zat yang sangat beracun tidak stabil yang memerlukan perhatian khusus, dengan standar yang dipersiapkan hanya beberapa menit sebelum melakukan kalibrasi, dan tidak dapat digunakan kembali karena kehidupan mereka sangat singkat). Standar ini sangat sabil  , dapat digunakan kembali, dan bertahan hingga enam bulan jika bebas dari kontaminasi.

Viskometer
Adalah alat ukur kekentalan yang menentukan secara rutin viskositas absolut cairan dalam volume sempel kecil.

Memmert- waterbath
Merupakan instrumen yang digunakan untuk pemanasan pada suhu rendah 300C – 1000C dan juga menguapkan larutan dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. biasanya disebut juga penanggas air. Sumber : http://www.alatlabor.com/article/detail/8/waterbat
Volt meter
Alat untuk mengukur besaran tegangan listrikdalam suatu rangkaian listrik

Alat Untuk memisahkan gas hidrogen dan oksigen
ATAGO thermometer – refraktometer
ATAGO abbe refraktometer adalah instrumen yang sangat handal dalam mengukur indeks bias. Refraktometer ini mampu mengukur sampel cair dan padat seperti kacamata langit-langit. Lembaran plastik dan film padat lainnya
Heidolph MR 3001 K - Hotplate and stirrer
Adalah standar stirrer untuk setiap laboratorium. Hotplate terbuat dari silum (aluminium alloy) untuk memindahkan panas dan memungkinkan untuk mengontrol suhu hotplate. Tugas berat magnet pengaduk di bar aduk bekerja dengan mudah. Kecepatan kontol elektronik melesat hingga 1.250 rpm dan ketepatan  3%
Polarimeter
Polarimeter dikenal sebagai meteran putaran optik, merupakan instrumen untuk mengukur rotasi optik dari “materi optik aktif” seperti sakarin, asam glutamat dan natrium asorbic.

Leybold didactic: conductivity measurement amplifier power supply
Adalah alat yang digunakan untuk pengukuran yang dapat diandalkan dan konduktivitas akurat.
Penyaring besar
Grant Inkubator
Adalah alat yang berguna untuk inkubator biologis pengocok cairan, sampel kultur sel dan jaringan.

Alat Destilator


Alat untuk elektrolisis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar